Teatrikal Drama : Aksi Nyata SMP Negeri 1 Parang, Magetan di HUT RI ke – 79

Aksi Teatrikal Drama SMP Negeri 1 Parang, Magetan di Hut RI ke – 79 ,Istimewa TSN ,Selasa (20/8/24).

By : Habid/ Editor : Yoel

Magetan – TSN – Aksi nyata yang di tampilkan keluarga besar SMP Negeri 1 Parang, Magetan , begitu memukau penonton, acara mengambil tema ” Pari Gaga Kang Dadi Cikal Bakal ” yang menceritakan, asal-usul Desa Pragak dan kisah perjuangan warga Pragak dengan saksi sejarah Watu Song. Acara terselengara di Halaman SMP Negeri 1, Jl. Raya Lembeyan – Parang, Tamanarum, Kec. Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur,
pada hari Selasa ( 20/8/24).

Di era kurikulum Merdeka, aksi nyata ini sebagai praktik pelajaran siswa yang perlu dilakukan oleh jajaran pendidikan.

Supriyoko , selaku penulis cerita Empat Sekawan pada buku Mutiara Lereng Lawu akhirnya menuju multi literasi pada acara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 79.

Supriyoko menerangkan pada awak media ,
tampilan teatrikal drama dengan judul Pari Gaga Kang Dadi Cikal Bakal, menjadi tonggak sejarah aksi nyata yang ditampilkan keluarga besar SMP Negeri 1 Parang.

” Hal tersebut merupakan sejarah untuk mengangkat asal-usul Desa Pragak dan kisah perjuangan warga Pragak dengan saksi sejarah Watu Song. yang menjadi ikon perjuangan melawan Belanda saat agresi kedua,” tuturnya ,Selasa ( 20/8/24).

Masih kata dia, ini adalah amanah untuk kita semua sebagai generasi penerus untuk nguri- uri sejarah.

“Buku Mutiara terbit pada tahun 2021 melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan.
Warga SMP Negeri 1 Parang telah mencetak prasasti emas dalam momen peringatan hari kemerdekaan. Salam Nusantara Baru, Indonesia Maju,” imbuhnya.

Suparno, S.Pd., M.Pd, selaku kepala sekolah SMP N, 1 Parang, Magetan, Jatim, mengatakan, hal terpeting adalah gotong royong dan kekompakan untuk menciptakan acara tersebut berjalan dengan baik , itu menjadi landasan utama.

” Peserta didik, guru, dan karyawan terlibat dalam acara tersebut. Peran utama cerita ini diperankan oleh Drs. Edi Susilo, Sarmun, S.Pd, Suwadji, S.Pd, Daniel Nuswantaradi Agus Suminarso, Budi Prastyo, M.Pd., Purwanto, S.Pd. Moment ini menjadi sejarah yang ditorehkan SMP Negeri 1 Parang. Kemeriahan di Hut RI yang ke 79 menjadi peringatan yang bersejarah ,” pungkasnnya.

Banner IDwebhost