SUSUNAN REDAKSI

oleh

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi

Riyanto AL SE., SH

Koordinator Liputan

Yulianto DP

Tim Kreatif IT

Rian Derasta

Reporter

Rian, Suprapto, Tonny widyanto, Solichin Prabowo, Petrus winarno,Iswahyu Yuwono,Dwi Afianto,Nur Imam Syafi’i,Suwanto, Wahyu Wirudianto,Sriyadi (Gombloh),Joko santoso

Fotografer/Videografer 

S. Rianto

Media sosial 

Ryandra Shida A

Pusat Data & Analisa

Cholifah Intan Widarma

Dian Putri Hapsari

iklan dan Promosi

Anggun Az-Zahra T

Tim Advokasi

Bintang Songo Law Office

Kantor Redaksi

Tohudan Wetan RT 06 RW 04, Colomadu, Karanganyar, Solo

Di terbitkan berdasarkan

Undang-undang Pers No.40 tahun 1999

Penerbit

Media Group Independen

KEMENHUM & HAM

AHU – 0060644 – AH. 01.14. 2020

NPWP 96.431.531 1 – 528.000

Nomor Induk Berusaha/OSS

0222010122253

Wartawan MediaTransindonews.com

Dalam menjalankan tugas di bekali kartu Pers yang masih berlaku, serta nama tercantum dalam Susunan Redaksi, kepada segenap Instansi Pemerintah, TNI dan Polri bilamana merasa di rugikan oleh oknum Wartawan Media Transindonews.com bisa hubungi Redaksi, melalui email : rianto19mei@gmail.com

Phone : 0852 9018 3555, 0813 9335 3568, 0821 3440 6025

Redaksi menerima sumbangan naskah, tidak mengandung unsur SARA dan redaksi berhak mengubah naskah tanpa mengurangi isi materi.

Visi:

Menjadi perusahaan media online terbaik yang mampu menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Misi:

Menjadi perusahaan media online yang menyajikan informasi yang aktual, akurat, menarik, berbasis kejujuran, keterpaduan, dan ikut menciptakan masyarakat terdidik, tercerahkan, menghargai kebhinekaan, adil, sejahtera.

Kebijakan Pemberitaan

Berita adalah peristiwa atau kejadian yang aktual, menarik, dan bermanfaat bagi pembacanya.

Aktual

Berita yang tersaji merupakan peristiwa yang baru saja terjadi, masih menjadi pembicaraan di masyarakat, belum disela media online serupa, menyangkut kepentingan masyarakat luas.

Menarik

Materi yang dipublikasi mengandung unsur luar biasa baik peristiwa maupun dampaknya, mengandung unsur pertentangan, human interes atau sisi-sisi kemanusiaan, kedekatan suatu peristiwa dengan pembaca atau audience.

Bermanfaat

Sebelum sebuah berita atau laporan diturunkan/dipublikasikan, redaksi senantiasa harus bertanya pada dirinya manfaat apa yang diperoleh pembaca atas tulisan yang disajikan.

Manfaat dimaksud adalah:

Pembaca lebih tahu keadaan atau terpenuhi rasa ingin tahunya. Berguna bagi profesi atau kehidupannya. Pikiran dan imajinasinya terangsang untuk melakukan hal-hal baru. Merasa senang atau terhibur.Terisi waktu luangnya dengan baik.

Rambu-rambu Pemberitaan:

Rambu internal

Ini kewenangan direksi yang berkaitan dengan kepentingan/kebijakan media atau kepentingan tertentu dari direksi.

Rambu Etika

Artinya semua pemberitaan atau laporan yang berkaitan dengan kode etik jurnalistik. Jangan sampai materi yang dipublikasi ada celah pelanggaran kode etik. Misalnya, berita tidak balance atau seimbang, konfirmasi tidak proporsional, dsb.

Rambu hukum

Ini artinya semua berita atau laporan tidak melanggar rambu hukum. Misalnya, pencemaran nama baik, character assassination (pembunuhan karakter), trial by the press atau peradilan/hukuman oleh media.

Garis Besar Isi Meliputi:

Informasi yang menyangkut/mencederai rasa keadilan masyarakat. Misalnya, anggota masyarakat yang diperlakukan secara tidak adil di mata hukum. Kasus korupsi, kesewenang-wenangan aparat/pejabat/pemegang kekuasaan, penyalahgunaan wewenang, dsb. Baik di lingkup lokal, regional, nasional, internasional. Informasi mengenai isu-isu nasional yang menarik. Informasi tentang Pendidikan, Kampus, Iptek, olahraga, ekonomi, budaya, politik, profil usaha, profil tokoh regional, nasional, internasional, hiburan, laporan objek wisata, dsb. Informasi/mendalam (indikasinya banyak sumber dan komprehensip) maupun laporan investigasi (laporan atau berita yang datanya diperoleh melalui penyelidikan).

Arah Media

Sebagai media yang dijadikan referensi bagi pembaca, utamanya berkaitan masalah-masalah sosial budaya, ekonomi, politik, hukum, keamanan, olah raga. Melalui kerja sama dengan pihak ketiga, diharapkan media ini juga menghasilkan keuntungan finansial lewat pemasangan iklan maupun sponsorship.

Pembagian porsi isi media diusulkan 60 persen persoalan umum dan 40 persen materi yang berkaitan dengan muatan kearifan lokal