Mendadak Jadi Perhatian Bak Artis di Arab Saudi, Tapi Bikin Heboh Pria Gimbal Asal Indonesia di Tangkap Polisi, Kok Bisa??

By : yoel

TSN – Arab Saudi – Bak artis dadakan dan membuat heboh di Masjid Nabawi Madinah Arab Saudi, Seorang Pria berambut Gimbal menarik perhatian banyak orang. Pasalnya para jamaah umroh banyak yang minta foto bersama. Baik para orang kulit putih, negro, India bahkan orang arab sendiri yang rela meluangkan waktu untuk berfoto ria dengan pria Gimbal yang mereka anggap aneh dan unik ini.

Proses pemotongan

Usut punya usut, Pria tersebut  bernama Haris Nugroho atau biasa di sapa Haris Krebo, ia berpenampilan mirip Bob Marley penyanyi asal Jamaika, ia berasal dari kota Gudeg Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Karena kehebohannya membuat Haris Krebo ditangkap Polisi Keamanan Masjid Nabawi untuk dimintai keterangan.

Pria yang yang tak pernah sedih dan memiliki filosofi hidup hanya sekali namun senangnya berkali kali ini, menjalankan ibadah umroh bersama 25 rombongan. setelah dibawa ke kantor polisi terdekat dan diinterogasi Polisi Madinah, akhirnya Haris Kribo langsung dilepaskan, setelah menunjukkan Visa Umroh.

Sedangkan alasan penangkapan itu, kata petugas, bahwasanya si Kribo membuat pusat perhatian jamaah hingga bisa menimbulkan kegaduhan dan mengganggu ketenangan beribadah.

Kejadian serupa juga sama ketika Haris selesai melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah di Mekkah pada Kamis 25 Juli 2024 dini hari. Karena, setelah itu ada sesi foto-foto dan dikerumuni banyak orang dan sempat membuat gaduh suasana serta mengakibatkan keamanan Mekkah turun tangan dan memanggilnya untuk ditanyakan Pasport-nya.

Beruntung ia cepat tanggap dan segera menutupi rambutnya yang gondrong dan  dan gimbal serta menunjukkan surat-surat keimigrasian.

Setelah selesai berurusan dengan aparat keamanan, Haris Kribo dan jamaah lainnya melanjutkan Sai dan dilanjutkan prosesi Tahalul yaitu memotong rambut. Sehingga, pada 25 Juli 2024 rambut gimbal yang sudah berusia 17 tahun tersebut dipotong habis hingga botak tanpa sisa.

Pemotongan rambut ini pun sempat menjadi pusat perhatian banyak orang dan video pemotongan rambut gimbal sempat viral di beberapa media massa.

Haris Nugroho kepada awak media, Senin (29/07/2024) mengungkapkan bahwa rambut yang dipotong sebagian dikubur di Jabal Rahmah, Jabal Tsur dan di Bandara Jeddah.

“Rambut kesayangan saya, saya kubur di sana mas, ini kenangan seumur hidup bagi saya, dan saya tak menyangka rambut saya 17 tahun membebani kepala saya  tertinggal di sana, “jelasnya sambil terkekeh.

Kini Kepala Haris Kribo tak lagi terbebani oleh rambut gimbalnya, meskipun beban hidup masih menghantuinya, Haris tetap bahagia dan tetap riang gembira.

“Kepala saya jadi ringan dan saya sudah kembali di Indonesia dengan selamat pada  Minggu 28 Juli 2024 kemarin, Hidup itu hanya satu kali, dan nanti umrohnya berkali-kali,”begitu ia berfilosofi.

Editor: Rian

Banner IDwebhost