42 Badan Publik Klaten Bakal Divisitasi KIP 2024

TSN l KLATEN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten akan melakukan penilaian visitasi terhadap 42 badan publik atau perangkat daerah dalam kegiatan lanjutan penilaian keterbukaan informasi publik 2024.

Kepala Diskominfo Klaten Aris Pramana (Senin, 5/8) menjelaskan kalau Pemerintah Kabupaten Klaten berkomitmen untuk mendorong transparansi melalui penilaian keterbukaan informasi publik. Dia berharap keterbukaan informasi tidak lagi menjadi urusan yang tabu bagi penyelenggara negara.

“Penilaian keterbukaan informasi publik 2024 menjadi kegiatan penilaian kali ketiga dilaksanakan Diskominfo. Hasilnya ada 42 badan publik yang lolos penilaian visitasi. Badan publik badan dinas ada 16 instansi, kecamatan ada 16 instansi dan desa ada 10 instansi. Nantinya secara marathon tim penilai akan berkunjung untuk verifikasi kondisi lapangan” jelasnya.

Aris menambahkan penilaian visitasi dilakukan untuk memantapkan tata kelola informasi badan publik. Dia berharap komitmen pejabat publik memperkuat sarana dukung layanan informasi.

“Penilaian visitasinya akan fokus pada sarana dukung layanan informasi termasuk daya dukung layanan publiknya. Saat ini untuk untuk semua perangkat daerah di Klaten sudah transparan mengunggah anggaran, perencanaan dan laporannya. Jadi kalau masyarakat ingin melihat konsistensi pengelolaan dan penyelenggaraan pemerintah tinggal mengkomparasikan dokumen perencanaan, anggaran dan laporan badan publik. Dipastikan semua perangkat daerah di Klaten sudah mengunggah informasi anggarannya di website. Tantangannya ke depan adalah publikasi dan pemanfaatan media sosial yang support website-nya” jelasnya.

Tahun 2024 menjadi kali ketika Diskominfo Klaten melaksanakan penilaian pemeringkatan keterbukaan informasi. Tahapan penilaian meliputi penilaian mandiri, visitasi dan uji publik. (Joko Priyono/Sus Wd/red).

Banner IDwebhost